ZDIRY-TUFWT-EBONM-EYJ00-IDBLANTER.COM
ZDIRY-TUFWT-EBONM-EYJ00
BLANTERWISDOM105

3.3.a.7. Demonstrasi Kontekstual - Pengelolaan Program yang Berdampak pada Murid

Rabu, 13 Oktober 2021

 

PEMANFAATAN RUANG GURU DALAM KEGIATAN PTS YANG MENYENANGKAN

https://www.wibloog.com/
 

1.   TUJUAN

a.   Melaksanakan pembelajaran (termasuk penilaian) yang efektif dan menyenangkan.

b.   Mengembangkan bidang Ilmu Pengetahuan dan Teknologi berdasarkan minat, bakat, dan potensi peserta didik.

 

2.   IDENTIFIKASI ASET

No.

Sumber Aset Daerah

Jenis Aset

Kekuatan

Manfaat

1.

Modal Manusia

Kepala Sekolah

-      Kualifikasi Pendidikan S2

-      Pengalaman sebagai KS lebih dari 5 tahun

Penanggung jawab seluruh kegiatan sekolah

Guru

-      Kualifikasi Pendidikan minimal S1 (100%)

-      1/3 ASN

-      Semua ASN sdh bersertifikat pendidik

Merencanakan, melaksanakan dan mengevaluasi pembelajaran.

Tenaga kependidikan

Jumlah kurang memadai

Pelayanan Administrasi

Siswa

-      Latar belakang yang beragam

-      Jumlah yang banyak (1000 orang)

Mitra Guru

Orang Tua/Wali

Latar belakang yang beragam (Pendidikan, profesi, suku)

Mitra Sekolah

2.

Modal Sosial

MGMP Rumpun

Pendidikan linier

Kolaborasi guru serumpun

 

 

Ruang Guru

Inovasi di bidang bimbingan belajar

Memberikan fasilitas ruang kelas secara online, bantuan sarana prokes

3.

Modal Fisik

Bangunan Kelas

Kapasitas mencukupi (30 ruang kelas)

Sarana pembelajaran

Internet

Kualitas bagus dan kapasitasnya besar

Sarana komunikasi dunia maya

 

3.   TAHAPAN BAGJA

PRAKARSA

PERUBAHAN

Pemanfaatan Ruang Guru dalam kegiatan PTS yang menyenangkan

TAHAPAN

Pertanyaan

Daftar tindakan yang perlu dilakukan untuk menjawab pertanyaan

B-uat pertanyaan (Define)

·     Bagaimana cara meningkatkan partisipasi dan capaian nilai peserta didik dalam kegiatan Penilaian Tengah Semester (PTS) IPA?

·     Menyebarkan kuisioner kepada sis mengenai kegiatan PTS seperti apa yang diinginkan oleh mereka.

·     Mencari informasi dan mempelajari berbagai metode dalam kegiatan PTS IPA yang menarik bagi peserta didik.

A-mbil pelajaran (Discover)

·     Kegiatan PTS IPA seperti apa yang meyenangkan bagi peserta didik?

·     Keterampilan apa yang harus saya kuasai untuk merancang kegiatan PTS IPA yang menarik?

·     Menganalisis dan menyimpulkan hasil kuisioner murid.

·     Membuat program kegiatan PTS dengan mamanfaatkan ruang kelas di ruang guru.

·     Memperdalam penguasaan teknik Menyusun soal di aplikasi ruang kelas dari ruang guru.

 

G-ali mimpi (Dream)

·       Apa keterampilan baru yang saya punya dalam merencanakan kegiatan PTS IPA yang menarik bagi peserta didik?

·       Bagaimana perasaan saya ketika melihat peserta didik antusias dan memperoleh nilai bagus dalam kegiatan PTS IPA?

·       Apa hal-hal yang mendukung/sumberdaya yang akan tersedia untuk meningkatkan pastisipasi peserta didik dalam kegiatan PTS IPA?

·     Menggunakan media ruang kelas dari ruang guru sebagai media dalam pelaksanaan PTS.

·     Mengikutsertakan murid dalam ruang guru festival.

·     Mendata peserta didik yang telah melaksanakan PTS di ruang kelas, kemudian mengapresiasinya dengan mengumumkannya di wa grup mata pelajaran IPA.

·     Mengoptimalkan fasilitaas wifi untuk kegiatan PTS IPA bagi murid yang tidak punya kuota.

J-abarkan rencana (Design)

·       Berapa lama target untuk merencanakan kegiatan PTS yang menarik bagi peserta didik?

·       Apa tindakan-tindakan yang mendukung dalam merencanakan kegiatan PTS yang menarik bagi peserta didik?

·       Bagaimana mengukur kemajuan dan melanjutkan langkah?

·     Membuat capaian yang realistis dengan membuat time schedule perencanaan dan pelaksanaan PTS.

·     Berkolaborasi dengan rekan sesama guru dalam merencanakan kegiatan PTS yang menarik bagi peserta didik.

·     Selalu melakukan evalusai dalam setiap tahapan.

A-tur eksekusi (Deliver)

·       Siapa saja yang akan saya libatkan dalam mewujudkan rencana ini? Berperan sebagai apa saja?

·       Kapan usaha merencanakan kegiatan PTS akan mulai dilakukan?

·      Saya akan melibatkan:

a.     Kepala sekolah sebagai penanggung jawab seluruh kegiatan sekolah.

b.     Rekan-rekan guru untuk berkolaborasi dalam  memanfaatkan media ruang kelas dalam pelaksanaan PTS

c.     Murid sebagai pelaksanan kegiatan PTS

d.     Melibatkan orang tua dalam pengawasan kegiatan PTS.

e.    Kegiatan perencanaan akan saya lakukan sebelum memasuki jadwal PTS dan mengaplikasikannya pada saat jadwal PTS.

 

4.   RENCANA MELR

a.       Pertanyaan Kunci

Pertanyaan Kunci

Evaluasi Program

1.      Sejauh apa program kegiatan PTS di ruang guru yang telah berjalan sesuai            dengan tujuan utama program?

2.      Seberapa banyak hambatan yang ditemui selama pelaksanaan program ini? Mengapa  terjadi demikian?

b.       Fokus Monitoring

Fokus Monitoring

Pertimbangan Pemilihan

Pertanyaan Utama Monitoring

Bagaimana kegiatan Pemanfaatan Ruang Guru dalam kegiatan PTS yang menyenangkan berjalan?

Untuk memastikan kegiatan berjalan dengan baik: murid mengikuti kegiatan PTS di ruang guru.

Bagaimana murid melaksanakan kegiatan PTS di ruang guru?

c.       Metode Penggalian Data

Pertanyaan Monitoring

Sumber Informasi

Metode

Kapan/Bagaimana

Apakah murid melaksanakan kegiatan PTS di ruang guru?

 

Bagaimana perasaan murid ketika melaksanakan PTS di ruang guru?

Murid, Orang tua

Wawancara, Observasi

Dalam proses berjalan

d.     Strategi Pengolahan Data

Pertanyaan Monitoring

Data Yang Terkumpul

Kesimpulan

Catatan Khusus, Pengecualian dll.

Apakah murid melaksanakan kegiatan PTS di ruang guru?

 

Bagaimana perasaan murid ketika melaksanakan PTS di ruang guru?

Murid melaksanakan kegiatan PTS.

Murid merasa senang

Kegiatan PTS berjalan lancar

 

e.     Pembelajaran Program

Faktor-Faktor Pendukung Pelaksanaan Program

Faktor-Faktor Penghambat Pelaksanaan Program

Pembelajaran

·     Murid melaksanakan PTS sesuai jadwal

·     Murid mengisi daftar hadir

 

 

·     Beberapa murid tidak mempunyai kuota

·     Beberapa murid tidak mempunyai akses Hp

·     Difasilitasi wifi sekolah

·     Mengerjakan PTS secara manual

f.      Pelaporan Program

LAPORAN PELAKSANAAN PROGRAM

Gambaran Umum Program:

Deskripsi Pelaksanaan Program:

-        Waktu Pelaksanaan

-        Strategi Pelaksanaan Program

-        Faktor Pendukung dan Penghambat Program

-        Hasil Pelaksanaan Program

Evaluasi Program:

Pembelajaran Program:


4.       PELIBATAN ORANG TUA DAN KOMUNITAS

 

Peran

Orang tua

Mengawasi pelaksanaan PTS, terutama yg sedang daring.

Komunitas (MGMP Rumpun)

Tempat berbagi dan berdiskusi mengenai pelaksanaan PTS

 

 

Share This :

0 komentar