PEMANFAATAN
RUANG GURU DALAM KEGIATAN PTS YANG MENYENANGKAN
1.
TUJUAN
a. Melaksanakan
pembelajaran (termasuk penilaian) yang efektif dan menyenangkan.
b.
Mengembangkan bidang Ilmu Pengetahuan dan
Teknologi berdasarkan minat, bakat, dan potensi peserta didik.
2.
IDENTIFIKASI ASET
|
No. |
Sumber Aset Daerah |
Jenis Aset |
Kekuatan |
Manfaat |
|
1. |
Modal Manusia |
Kepala Sekolah |
- Kualifikasi Pendidikan S2 - Pengalaman sebagai KS lebih dari 5 tahun |
Penanggung jawab seluruh kegiatan sekolah |
|
Guru |
- Kualifikasi Pendidikan minimal S1 (100%) - 1/3 ASN - Semua ASN sdh bersertifikat pendidik |
Merencanakan, melaksanakan dan mengevaluasi
pembelajaran. |
||
|
Tenaga kependidikan |
Jumlah kurang memadai |
Pelayanan Administrasi |
||
|
Siswa |
- Latar belakang yang beragam - Jumlah yang banyak (1000 orang) |
Mitra Guru |
||
|
Orang Tua/Wali |
Latar belakang yang beragam (Pendidikan, profesi,
suku) |
Mitra Sekolah |
||
|
2. |
Modal Sosial |
MGMP
Rumpun |
Pendidikan linier |
Kolaborasi guru serumpun |
|
|
|
Ruang
Guru |
Inovasi di bidang bimbingan belajar |
Memberikan fasilitas ruang kelas secara online,
bantuan sarana prokes |
|
3. |
Modal Fisik |
Bangunan Kelas |
Kapasitas mencukupi (30 ruang kelas) |
Sarana pembelajaran |
|
Internet |
Kualitas bagus dan kapasitasnya besar |
Sarana komunikasi dunia maya |
3. TAHAPAN
BAGJA
|
PRAKARSA PERUBAHAN |
Pemanfaatan Ruang Guru dalam kegiatan PTS yang
menyenangkan |
|
|
TAHAPAN |
Pertanyaan |
Daftar tindakan yang perlu dilakukan untuk menjawab
pertanyaan |
|
B-uat
pertanyaan (Define) |
·
Bagaimana cara meningkatkan partisipasi dan
capaian nilai peserta didik dalam kegiatan Penilaian Tengah Semester (PTS)
IPA? |
·
Menyebarkan kuisioner kepada sis
mengenai kegiatan PTS seperti apa yang diinginkan oleh mereka. ·
Mencari informasi dan mempelajari
berbagai metode dalam kegiatan PTS IPA yang menarik bagi peserta didik. |
|
A-mbil
pelajaran (Discover) |
·
Kegiatan PTS IPA seperti apa yang meyenangkan
bagi peserta didik? ·
Keterampilan apa yang harus saya kuasai untuk
merancang kegiatan PTS IPA yang menarik? |
· Menganalisis dan menyimpulkan hasil kuisioner murid. · Membuat
program kegiatan PTS dengan mamanfaatkan ruang kelas di ruang guru. · Memperdalam penguasaan teknik Menyusun soal di aplikasi ruang kelas
dari ruang guru. |
|
G-ali
mimpi (Dream) |
·
Apa keterampilan baru yang saya
punya dalam merencanakan kegiatan PTS IPA yang menarik bagi peserta didik? ·
Bagaimana perasaan saya ketika
melihat peserta didik antusias dan memperoleh nilai bagus dalam kegiatan PTS
IPA? ·
Apa hal-hal yang mendukung/sumberdaya yang akan
tersedia untuk meningkatkan pastisipasi peserta didik dalam kegiatan PTS IPA? |
·
Menggunakan media ruang kelas dari
ruang guru sebagai media dalam pelaksanaan PTS. ·
Mengikutsertakan murid dalam ruang
guru festival. ·
Mendata peserta didik yang telah
melaksanakan PTS di ruang kelas, kemudian mengapresiasinya dengan
mengumumkannya di wa grup mata pelajaran IPA. ·
Mengoptimalkan fasilitaas wifi
untuk kegiatan PTS IPA bagi murid yang tidak punya kuota. |
|
J-abarkan
rencana (Design) |
· Berapa lama
target untuk merencanakan kegiatan PTS yang menarik bagi peserta didik? · Apa
tindakan-tindakan yang mendukung dalam merencanakan kegiatan PTS yang menarik
bagi peserta didik? ·
Bagaimana mengukur kemajuan dan melanjutkan langkah? |
· Membuat capaian
yang realistis dengan membuat time schedule perencanaan dan
pelaksanaan PTS. ·
Berkolaborasi dengan rekan sesama
guru dalam merencanakan kegiatan PTS yang menarik bagi peserta didik. ·
Selalu melakukan evalusai dalam
setiap tahapan. |
|
A-tur
eksekusi (Deliver) |
· Siapa saja yang
akan saya libatkan dalam mewujudkan rencana ini? Berperan sebagai apa saja? · Kapan usaha
merencanakan kegiatan PTS akan mulai dilakukan? |
·
Saya akan melibatkan: a.
Kepala sekolah sebagai penanggung
jawab seluruh kegiatan sekolah. b.
Rekan-rekan guru untuk berkolaborasi
dalam memanfaatkan media ruang kelas
dalam pelaksanaan PTS c.
Murid sebagai pelaksanan kegiatan
PTS d.
Melibatkan orang tua dalam pengawasan kegiatan PTS. e.
Kegiatan perencanaan akan saya
lakukan sebelum memasuki jadwal PTS dan mengaplikasikannya pada saat jadwal
PTS. |
4. RENCANA
MELR
a.
Pertanyaan Kunci
|
Pertanyaan Kunci Evaluasi Program |
1. Sejauh apa program
kegiatan PTS di ruang guru yang telah berjalan sesuai dengan tujuan utama program? 2.
Seberapa
banyak hambatan yang ditemui selama pelaksanaan program ini? Mengapa terjadi demikian? |
b.
Fokus Monitoring
|
Fokus Monitoring |
Pertimbangan Pemilihan |
Pertanyaan Utama
Monitoring |
|
Bagaimana kegiatan Pemanfaatan Ruang Guru dalam kegiatan PTS yang menyenangkan berjalan? |
Untuk memastikan kegiatan berjalan dengan baik: murid mengikuti kegiatan PTS di
ruang guru. |
Bagaimana murid melaksanakan kegiatan PTS di ruang guru? |
c.
Metode Penggalian Data
|
Pertanyaan Monitoring |
Sumber Informasi |
Metode |
Kapan/Bagaimana |
|
Apakah murid melaksanakan kegiatan PTS di ruang guru? Bagaimana
perasaan murid ketika melaksanakan PTS di ruang guru? |
Murid,
Orang tua |
Wawancara,
Observasi |
Dalam
proses berjalan |
d.
Strategi Pengolahan Data
|
Pertanyaan Monitoring |
Data Yang Terkumpul |
Kesimpulan |
Catatan Khusus, Pengecualian dll. |
|
Apakah murid melaksanakan kegiatan PTS di ruang guru? Bagaimana
perasaan murid ketika melaksanakan PTS di ruang guru? |
Murid
melaksanakan kegiatan PTS. Murid
merasa senang |
Kegiatan
PTS berjalan lancar |
|
e.
Pembelajaran Program
|
Faktor-Faktor Pendukung Pelaksanaan Program |
Faktor-Faktor Penghambat Pelaksanaan Program |
Pembelajaran |
|
· Murid melaksanakan PTS
sesuai jadwal · Murid mengisi daftar
hadir |
· Beberapa murid tidak
mempunyai kuota · Beberapa murid tidak mempunyai akses Hp |
· Difasilitasi wifi sekolah · Mengerjakan PTS secara
manual |
f.
Pelaporan Program
|
LAPORAN PELAKSANAAN PROGRAM |
|
Gambaran Umum Program: |
|
Deskripsi Pelaksanaan Program: -
Waktu Pelaksanaan -
Strategi Pelaksanaan Program -
Faktor Pendukung dan Penghambat Program -
Hasil Pelaksanaan Program |
|
Evaluasi Program: |
|
Pembelajaran Program: |
4. PELIBATAN
ORANG TUA DAN KOMUNITAS
|
|
Peran |
|
Orang
tua |
Mengawasi
pelaksanaan PTS, terutama yg sedang daring. |
|
Komunitas
(MGMP Rumpun) |
Tempat
berbagi dan berdiskusi mengenai pelaksanaan PTS |

0 komentar