KASUS 2
Coach : Sri Maryati
Coachee : Yanti
Pengamat : Yusuf R dan Funny Eka
Seorang murid bercerita
jika dia merasa diperlakukan tidak adil oleh seorang guru. Guru tersebut
membuka les privat, dan sebagian besar murid di kelas mengikuti les privat
tersebut, kecuali murid tersebut. Murid tersebut merasa tidak nyaman ketika
guru sering menyindir murid yang tidak mau ikut les privatnya. Bahkan, murid
tersebut juga merasa bahwa nilai yang diberikan pun tidak adil, para murid yang
mengikuti les guru tersebut mendapatkan nilai yang lebih baik dari murid
tersebut. Bagaimanakah cara Anda menanggapi hal ini?
Alur Cerita
Diceritakan situasi
Anak-anak sedang Belajar Mata pelajaran IPA di kelas 7 pukul 09.00 WIB
|
Coach |
: |
Nak, bisakah nanti jam
istirahat datang ke ruangan ibu sebentar, bantu ibu untuk membawakan hasil kerja
teman-temanmu. |
|
Coachee |
: |
Baik bu |
|
Disaat sedang jam
istirahat Coachee tadi datang menghampiri gurunya di ruang guru untuk
mengantarkan tugas tenan-temannya. |
||
|
Coach |
: |
sayang sini, coba taruh
bukunya di atas meja ibu! |
|
Saat Coachee tersebut
mendekati meja guru lalu guru sebagai Coach mulai mengadakan komunikasi
assertif kepada Coachee. |
||
|
Coach |
: |
Nak boleh ibu bertanya
sebentar, akhir-akhir ini ibu lihat kamu di kelas sering melamun nak? Apa ada
masalah yang sedang kamu pikirkan sholeha? |
|
Coachee |
: |
ia bu akhir-akhir ini
saya selalu kurang fokus bu belajar karena saya selalu memikirkan kenapa ya
bu guru pada mata pelajaran B. Inggris selalu menyindir saya bu kalau sedang mengajar
di kelas? |
|
Coach |
: |
Menyindir? Mmmm coba
ceritakan lebih dalam lagi perasaan yang kamu alami sekarang kenapa bisa
sampai berpikiran seperti itu? |
|
Coachee |
: |
Ia bu, soalnya kalau di
kelas ibu itu selalu bilang pada teman sekelas saya, sambil matanya tertuju
pada saya bu bilangnya seperti ini kalau Les B. Inggris itu sangat penting
untuk melatih pemahaman kita dalam berbicara B. Inggris dan mengerjakan soal
latihan, jadi kalau yang ga datang les B. Inggris akan rugi karena kurang
memahami bagaimana cara mengerjakan soal tersebut. |
|
Coach |
: |
lalu bagaimana pendapat
mu ? |
|
Coachee |
: |
Benar sih bu, apa yang
dikatakan ibu itu bahwa les B. Inggris itu penting. |
|
Coach |
: |
Terus kenapa kamu gak
datang les B. Inggrisnya? |
|
Coachee |
: |
Ia bu soalnya saya merasa
datang pun gak ada gunanya soalnya ibu itu selalu memberikan nilai yang jelek
pada saya bu, mungkin ibu itu gak suka sama saya bu . |
|
Coach |
: |
mmmm, jadi menurut kamu pembicaraan kita kali ini bertujuan
untuk apa ya soleha? (Pertanyaan Model TIRTA TUJUAN UTAMA) |
|
Coachee |
: |
membicarakan bagaimana
bu solusi yang tepat supaya ibu B. Inggris itu tidak selalu menyindir saya bu
dan memberikan nilai yang jelek pada saya bu. |
|
Coach |
: |
Nah kalau seperti itu,
coba apa hambatan kamu yang menghalangi kamu untuk bisa datang ke les
tersebut? (Pertanyaan Model TIRTA IDENTIFIKASI) |
|
Coachee |
: |
ini bu kebetulan les nya
diadakan sore dimulai dari pukul 14.00-15.30, sedangkan saya pada jam
tersebut sekolah Agama bu, kebetulan mamah saya selalu bilang untuk jangan
bolos sekolah agama, karena itu sangat penting bagi saya untuk bisa belajar
agama. |
|
Coach |
: |
lalu bagaimana
pendapatmu, apakah prioritas utamamu dalam hai ini? apakah Les B. Inggris
yang hanya dilakukan 1 minggu 2 kali ataukah sekolah agama? (Pertanyaan Model
TIRTA RENCANA AKSI) |
|
Coachee |
: |
ia bu kedua-duanya
penting bu bagi saya, Cuma saya masih belum bisa membagi waktu ketika
semuanya bentrok bu . |
|
Coach |
: |
coba kalau seperti itu
bagaiman cara kamu mengatasinya ? |
|
Coachee |
: |
Mungkin saya bisa membicarakannya
bu dengan ibu itu, supaya kalau bisa waktu untuk les B. Inggrisnya diundur bu
jadi jam 15.30 supaya saya bisa untuk ikut les tersebut, atau diadakan di
hari Jumat bu karena pada hari itu saya libur sekolah agama. |
|
Coach |
: |
Ide cemerlang tuh, nah
selanjutnya bagaimana dengan tindak lanjut yang akan kamu lakukan setelah
membicarakan semua ini dengan ibu ? (Pertanyaan Model TIRTA TANGGUNG JAWAB) |
|
Coachee |
: |
ia bu saya akan segera
menemui ibu itu untuk segera membicaraknnya dan berusaha untuk supaya saya
bisa mengikuti les B. Inggris tersebut. |
|
Coach |
: |
Bagus, memang harus
seperti itu sayang, kita harus berusaha sebisa mungkin untuk bertanggung
jawab atas apa yang kita hadapi sekarang, situasi kamu memang sulit ya karena
berhadapan dengan waktu yang berbarengan tetapi jika kamu mampu memanajemen
waktu kamu dengan baik. dan kamu mau mengungkapkan apa yang jadi masalahnya
dan berbicara dengan ibu guru B. Inggris mengenai alasan kenapa kamu tidak
mengikuti les B. Inggris tersebut , Insya Allah guru tersebut akan memahami
dan akan berusaha membuat ulang jadwal supaya kamu bisa mengikuti Les
tersebut ya |
|
Coachee |
: |
ia bu, terimakasih
arahan nya bu, sekarang saya jadi tahu apa yang harus saya lakukan supaya
bisa menghadapi masalah tersebut. |
|
Coach |
: |
ia cantik sama-sama,
kamu hebat deh ! |
|
Coachee |
: |
Baik bu kalau begitu
saya izin pamit bu saya akan menemui ibu guru B. Inggris untuk
membicarakannya bu. |
|
Coach |
: |
Ia sayang, Semangat ya
kamu pasti Bisa. |
|
Coachee |
: |
Makasih Bu
Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh |
|
Coach |
: |
Walaikumsalam
Warahmatullahi Wabarakatuh |
|
Murid tersebut bergegas
meninggalkan Ruang guru IPA untuk segera menemui Guru B. Inggris. |
||

0 komentar