ZDIRY-TUFWT-EBONM-EYJ00-IDBLANTER.COM
ZDIRY-TUFWT-EBONM-EYJ00
BLANTERWISDOM105

2.3.a.5.1. Ruang Kolaborasi (Praktik Coaching Kasus 2)

Rabu, 27 Oktober 2021


KASUS 2

Coach          : Sri Maryati 

Coachee      : Yanti

Pengamat    : Yusuf R dan Funny Eka


Seorang murid bercerita jika dia merasa diperlakukan tidak adil oleh seorang guru. Guru tersebut membuka les privat, dan sebagian besar murid di kelas mengikuti les privat tersebut, kecuali murid tersebut. Murid tersebut merasa tidak nyaman ketika guru sering menyindir murid yang tidak mau ikut les privatnya. Bahkan, murid tersebut juga merasa bahwa nilai yang diberikan pun tidak adil, para murid yang mengikuti les guru tersebut mendapatkan nilai yang lebih baik dari murid tersebut. Bagaimanakah cara Anda menanggapi hal ini?

Alur Cerita

Diceritakan situasi Anak-anak sedang Belajar Mata pelajaran IPA di kelas 7 pukul 09.00 WIB

Coach 

:

Nak, bisakah nanti jam istirahat datang ke ruangan ibu sebentar, bantu ibu untuk membawakan hasil kerja teman-temanmu.

Coachee 

:

Baik bu

Disaat sedang jam istirahat Coachee tadi datang menghampiri gurunya di ruang guru untuk mengantarkan tugas tenan-temannya.

Coach

:

sayang sini, coba taruh bukunya di atas meja ibu!

Saat Coachee tersebut mendekati meja guru lalu guru sebagai Coach mulai mengadakan komunikasi assertif kepada Coachee.

Coach 

:

Nak boleh ibu bertanya sebentar, akhir-akhir ini ibu lihat kamu di kelas sering melamun nak? Apa ada masalah yang sedang kamu pikirkan sholeha?

Coachee

:

ia bu akhir-akhir ini saya selalu kurang fokus bu belajar karena saya selalu memikirkan kenapa ya bu guru pada mata pelajaran B. Inggris selalu menyindir saya bu kalau sedang mengajar di kelas?

Coach 

:

Menyindir? Mmmm coba ceritakan lebih dalam lagi perasaan yang kamu alami sekarang kenapa bisa sampai berpikiran seperti itu?

Coachee 

:

Ia bu, soalnya kalau di kelas ibu itu selalu bilang pada teman sekelas saya, sambil matanya tertuju pada saya bu bilangnya seperti ini kalau Les B. Inggris itu sangat penting untuk melatih pemahaman kita dalam berbicara B. Inggris dan mengerjakan soal latihan, jadi kalau yang ga datang les B. Inggris akan rugi karena kurang memahami bagaimana cara mengerjakan soal tersebut.

Coach  

:

lalu bagaimana pendapat mu ?

Coachee

:

Benar sih bu, apa yang dikatakan ibu itu bahwa les B. Inggris itu penting.

Coach

:

Terus kenapa kamu gak datang les B. Inggrisnya?

Coachee

:

Ia bu soalnya saya merasa datang pun gak ada gunanya soalnya ibu itu selalu memberikan nilai yang jelek pada saya bu, mungkin ibu itu gak suka sama saya bu .

Coach

:

mmmm, jadi menurut kamu pembicaraan kita kali ini bertujuan untuk apa ya soleha? (Pertanyaan Model TIRTA TUJUAN UTAMA)

Coachee

:

membicarakan bagaimana bu solusi yang tepat supaya ibu B. Inggris itu tidak selalu menyindir saya bu dan memberikan nilai yang jelek pada saya bu.

Coach

:

Nah kalau seperti itu, coba apa hambatan kamu yang menghalangi kamu untuk bisa datang ke les tersebut? (Pertanyaan Model TIRTA IDENTIFIKASI)

Coachee

:

ini bu kebetulan les nya diadakan sore dimulai dari pukul 14.00-15.30, sedangkan saya pada jam tersebut sekolah Agama bu, kebetulan mamah saya selalu bilang untuk jangan bolos sekolah agama, karena itu sangat penting bagi saya untuk bisa belajar agama.

Coach

:

lalu bagaimana pendapatmu, apakah prioritas utamamu dalam hai ini? apakah Les B. Inggris yang hanya dilakukan 1 minggu 2 kali ataukah sekolah agama? (Pertanyaan Model TIRTA RENCANA AKSI)

Coachee 

:

ia bu kedua-duanya penting bu bagi saya, Cuma saya masih belum bisa membagi waktu ketika semuanya bentrok bu .

Coach 

:

coba kalau seperti itu bagaiman cara kamu mengatasinya ?

Coachee

:

Mungkin saya bisa membicarakannya bu dengan ibu itu, supaya kalau bisa waktu untuk les B. Inggrisnya diundur bu jadi jam 15.30 supaya saya bisa untuk ikut les tersebut, atau diadakan di hari Jumat bu karena pada hari itu saya libur sekolah agama.

Coach  

:

Ide cemerlang tuh, nah selanjutnya bagaimana dengan tindak lanjut yang akan kamu lakukan setelah membicarakan semua ini dengan ibu ? (Pertanyaan Model TIRTA TANGGUNG JAWAB)

Coachee

:

ia bu saya akan segera menemui ibu itu untuk segera membicaraknnya dan berusaha untuk supaya saya bisa mengikuti les B. Inggris tersebut.

Coach

:

Bagus, memang harus seperti itu sayang, kita harus berusaha sebisa mungkin untuk bertanggung jawab atas apa yang kita hadapi sekarang, situasi kamu memang sulit ya karena berhadapan dengan waktu yang berbarengan tetapi jika kamu mampu memanajemen waktu kamu dengan baik. dan kamu mau mengungkapkan apa yang jadi masalahnya dan berbicara dengan ibu guru B. Inggris mengenai alasan kenapa kamu tidak mengikuti les B. Inggris tersebut , Insya Allah guru tersebut akan memahami dan akan berusaha membuat ulang jadwal supaya kamu bisa mengikuti Les tersebut ya 

Coachee

:

ia bu, terimakasih arahan nya bu, sekarang saya jadi tahu apa yang harus saya lakukan supaya bisa menghadapi masalah tersebut.

Coach

:

ia cantik sama-sama, kamu hebat deh !

Coachee

:

Baik bu kalau begitu saya izin pamit bu saya akan menemui ibu guru B. Inggris untuk membicarakannya bu.

Coach 

:

Ia sayang, Semangat ya kamu pasti Bisa.

Coachee

:

Makasih Bu Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Coach

:

Walaikumsalam Warahmatullahi Wabarakatuh

Murid tersebut bergegas meninggalkan Ruang guru IPA untuk segera menemui Guru B. Inggris.

 

 

 


 

Share This :

0 komentar