ZDIRY-TUFWT-EBONM-EYJ00-IDBLANTER.COM
ZDIRY-TUFWT-EBONM-EYJ00
BLANTERWISDOM105

3.3.a.5.2. Ruang Kolaborasi (Unggah Hasil) - Pengelolaan Program yang Berdampak pada Murid

Jumat, 08 Oktober 2021

1.   IDENTIFIKASI ASET SEKOLAH

No.

Sumber Aset Daerah

Jenis Aset

Kekuatan

Manfaat

1.

Modal Manusia

Kepala Sekolah

-      Kualifikasi Pendidikan S2

-      Pengalaman sebagai KS lebih dari 5 tahun

-   Pemimpin instansi yang efektif

-   Penanggung jawab seluruh kegiatan sekolah

Guru

-      Kualifikasi Pendidikan minimal S1 (100%)

-      1/3 ASN

-      Semua ASN sdh bersertifikat pendidik

Merencanakan, melaksanakan dan mengevaluasi pembelajaran.

Tenaga kependidikan

Jumlah kurang memadai

Pelayanan Administrasi

Siswa

-      Latar belakang yang beragam

-      Jumlah yang banyak (1000 orang)

Mitra Guru

Orang Tua/Wali

-    Latar belakang yang beragam (Pendidikan, profesi, suku)

Mitra Sekolah

2

Modal Fisik

Masjid

-    Ukuran yang luas dan kapasitasnya mencukupi

Sarana pembinaan Akhlak

Lapang

-    Lapang yang luas dan layak pakai

Sarana olahraga dan pembiasaan

Bangunan Kelas

-    Kapasitas mencukupi (30 ruang kelas)

Sarana pemebelajaran

3

Modal Agama dan budaya

Pesantren

-    Berada dekat di sekitar rumah peserta didik

Tempat menuntut ilmu selain di sekolah regular



2.  TAHAPAN BAGJA

PRAKARSA

PERUBAHAN

STRATEGI KEGIATAN PEMBIASAAN BAGI PESERTA DIDIK YANG DAPAT MENUMBUHKAN KARAKTER POSITIF

Tahapan

Pertanyaan

Daftar Tindakan yang Perlu Dilakukan untuk Menjawab Pertanyaan

B-uat Pertanyaan (Define)

Bagaimana cara menumbuhkan karakter positif peserta didik melalui kegiatan pembiasaan?

Melalui pembiasaan yang dijadwalkan peserta didik melakukan:

1.    Menyambut siswa di gerbang sekolah.

2.    Upacara bendera

3.    Pembacaan Al-Matsurat dan Asmaul Husna

4.    Literasi membaca dan numerasi

5.    Jumat mengaji, jumat sodakoh dan jumat bersih.

6.    Sholat duha

7.    Sholat dzuhur berjamaah

A-mbil Pelajaran (Discover)

Kegiatan pembiasaan seperti apa yang dapat menumbuhkan karakter positif peserta didik?

Cerita/pengalaman baik:

1.      Guru menyambut siswa di gerbang sekolah (5S).

2.      Peserta didik melakukan kegiatan upacara setiap hari senin atau hari-hari besar.

3.      Pembacaan Asmaul Husna dan Al-Matsurat di jam ke-nol setiap hari selasa dan kamis di lapangan secara bersama-sama.

4.      Pelaksanaan sholat duha setiap jam istirahat secara bergiliran.

5.      Pelaksanaan sholat Dzuhur berjamaah.

6.      Pembacaan Surat pilihan, Jumat sodakoh dan Jumat bersih setiap hari jumat.

G-ali mimpi (Dream)

Karakter yang diharapkan tumbuh setelah peserta didik mengikuti kegiatan pembiasaan?

 

Melalui pembiasaan yang dijadwalkan peserta didik melakukan:

1.  Menyambut murid di gerbang sekolah (Terwujudnya 5S)

2.  Upacara bendera (Terwujudnya sikap disiplin, cinta tanah air, mandiri, percaya diri, kerja sama)

3.  Pembacaan Al-Matsurat dan Asmaul Husna (Terwujudnya Insan yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan YME dan berakhlak mulia)

4.  Literasi membaca dan numerasi (Terwujudnya murid yang literat)

5.  Jumat mengaji, jumat sodakoh dan jumat bersih

6.  Sholat duha

7.  Sholat dzuhur berjamaah

(Terwujudnya Insan yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan YME dan berakhlak mulia)

J-abarkan rencana (Design)

1.     Berapa lama target untuk merencanakan kegiatan pembiasaan bagi nurid?

2.     Apa tindakan-tindakan yang mendukung dalam merencanakan kegiatan pembiasaan bagi murid didik?

3.     Bagaimana mengukur kemajuan dan melanjutkan langkah?

1.  Membuat capaian yang realistis dengan membuat time schedule

2.  Berkolaborasi dengan rekan sesama guru dalam merencanakan kegiatan pembiasaan bagi peserta didik.

3.  Melibatkan pengurus OSIS dan Pengurus Ikatan Pelajar Pengurus Mesjid Sekolah (IPPMS) dalam pelaksanaan pembiasaan

4.  Selalu melakukan evaluasi dalam setiap tahapan.

A-tur Eksekusi (Deliver)

1.     Siapa saja yang akan saya libatkan dalam mewujudkan rencana ini? Berperan
sebagai apa saja?

2.     Kapan usaha merencanakan kegiatan praktikum akan mulai dilakukan?

1.  Kepala Sekolah sebagai penanggungjawab umum adalah kepala sekolah selaku top manajemen.

2.  PKS Kesiswaan sebagai penanggungjawab pelaksana pembiasaan penumbuhan karakter bagi peserta didik.

3.  Wali kelas sebagai pengawas dalam kehadiran program pembiasaan dan pembimbing di kelasnya masing-masing.

4.  Guru Mata Pelajaran sebagai sebagai contoh dan teladan.

5.  Kegiatan perencanaan dilakukan sebelum memasuki tahun pelajaran baru dan mengaplikasikannya pada tahun pelajaran baru.

 

 

Berikut ini disajikan dalam bentuk tabel mengenai catatan tentang identifikasi risiko yang dilakukan oleh sekolah dalam merencanakan dan mengelola program kegiatan pembiasaan yang dilaksanakan.

Kondisi saat ini

Kondisi yang akan datang

Risiko

Strategis

Keuangan

Operasional

Pemenuhan

Reputasi

Program Penguatan Pendidikan Karakter Melalui Pembiasaan di Sekolah

Merencanakan dan memadukan dalam kegiatan pembelajaran dan Ekstrakurikuler

Kolaborasi semua warga sekolah

Bertambahnya anggaran

Pemenuhan kebutuhan anggaran dan jadwal kegiatan yang diintegrasikan dalam setiap aktivitas dan program sekolah

Alokasi anggaran dan keterlibatan semua warga sekolah

Terciptanya sekolah yang berkarakter dan berbudaya serta mampu menanamkan Profil Pelajar Pancasila dan Merdeka Belajar

 

 


Share This :

0 komentar