1.
IDENTIFIKASI ASET SEKOLAH
|
No. |
Sumber Aset Daerah |
Jenis Aset |
Kekuatan |
Manfaat |
|
1. |
Modal
Manusia |
Kepala
Sekolah |
-
Kualifikasi Pendidikan S2 -
Pengalaman sebagai KS lebih dari 5
tahun |
-
Pemimpin instansi yang efektif -
Penanggung jawab seluruh kegiatan sekolah |
|
Guru |
-
Kualifikasi Pendidikan minimal S1
(100%) -
1/3 ASN -
Semua ASN sdh bersertifikat pendidik |
Merencanakan,
melaksanakan dan mengevaluasi pembelajaran. |
||
|
Tenaga
kependidikan |
Jumlah kurang memadai |
Pelayanan
Administrasi |
||
|
Siswa |
-
Latar belakang yang beragam -
Jumlah yang banyak (1000 orang) |
Mitra
Guru |
||
|
Orang
Tua/Wali |
-
Latar belakang yang beragam
(Pendidikan, profesi, suku) |
Mitra
Sekolah |
||
|
2 |
Modal
Fisik |
Masjid |
-
Ukuran yang luas dan kapasitasnya
mencukupi |
Sarana
pembinaan Akhlak |
|
Lapang |
-
Lapang yang luas dan layak pakai |
Sarana
olahraga dan pembiasaan |
||
|
Bangunan
Kelas |
-
Kapasitas mencukupi (30 ruang kelas) |
Sarana
pemebelajaran |
||
|
3 |
Modal
Agama dan budaya |
Pesantren |
-
Berada dekat di sekitar rumah peserta
didik |
Tempat
menuntut ilmu selain di sekolah regular |
2. TAHAPAN BAGJA
|
PRAKARSA PERUBAHAN |
STRATEGI KEGIATAN PEMBIASAAN BAGI
PESERTA DIDIK YANG DAPAT MENUMBUHKAN KARAKTER POSITIF |
|
|
Tahapan |
Pertanyaan |
Daftar Tindakan yang Perlu Dilakukan untuk Menjawab Pertanyaan |
|
B-uat Pertanyaan (Define) |
Bagaimana cara
menumbuhkan karakter positif peserta didik melalui kegiatan pembiasaan? |
Melalui pembiasaan yang
dijadwalkan peserta didik melakukan: 1. Menyambut siswa di gerbang sekolah. 2. Upacara bendera 3. Pembacaan Al-Matsurat dan Asmaul Husna 4. Literasi membaca dan numerasi 5. Jumat mengaji, jumat sodakoh dan jumat bersih. 6. Sholat duha 7. Sholat dzuhur berjamaah |
|
A-mbil Pelajaran (Discover) |
Kegiatan pembiasaan seperti apa
yang dapat menumbuhkan karakter positif peserta didik? |
Cerita/pengalaman baik: 1.
Guru menyambut siswa di gerbang sekolah (5S). 2.
Peserta didik melakukan kegiatan
upacara setiap hari senin atau hari-hari besar. 3.
Pembacaan Asmaul Husna dan
Al-Matsurat di jam ke-nol setiap hari selasa dan kamis di lapangan secara
bersama-sama. 4.
Pelaksanaan sholat duha setiap
jam istirahat secara bergiliran. 5.
Pelaksanaan sholat Dzuhur
berjamaah. 6.
Pembacaan Surat pilihan, Jumat
sodakoh dan Jumat bersih setiap hari jumat. |
|
G-ali mimpi (Dream) |
Karakter yang diharapkan tumbuh
setelah peserta didik mengikuti kegiatan pembiasaan?
|
Melalui pembiasaan yang
dijadwalkan peserta didik melakukan: 1. Menyambut murid di gerbang sekolah (Terwujudnya
5S) 2. Upacara bendera (Terwujudnya sikap disiplin,
cinta tanah air, mandiri, percaya diri, kerja sama) 3. Pembacaan Al-Matsurat dan Asmaul Husna
(Terwujudnya Insan yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan YME dan berakhlak
mulia) 4. Literasi membaca dan numerasi (Terwujudnya murid
yang literat) 5. Jumat mengaji, jumat sodakoh dan jumat bersih 6. Sholat duha 7. Sholat dzuhur berjamaah (Terwujudnya Insan yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan YME dan
berakhlak mulia) |
|
J-abarkan rencana (Design) |
1.
Berapa
lama target untuk merencanakan kegiatan pembiasaan bagi nurid? 2.
Apa
tindakan-tindakan yang mendukung dalam merencanakan kegiatan pembiasaan bagi murid
didik? 3. Bagaimana mengukur kemajuan dan
melanjutkan langkah? |
1. Membuat capaian yang realistis dengan
membuat time
schedule 2. Berkolaborasi dengan rekan sesama
guru dalam merencanakan kegiatan
pembiasaan bagi peserta didik. 3. Melibatkan pengurus OSIS dan Pengurus
Ikatan Pelajar Pengurus Mesjid Sekolah (IPPMS) dalam pelaksanaan pembiasaan 4. Selalu melakukan evaluasi dalam
setiap tahapan. |
|
A-tur Eksekusi (Deliver) |
1.
Siapa
saja yang akan saya libatkan dalam mewujudkan rencana ini? Berperan 2.
Kapan
usaha merencanakan kegiatan praktikum akan mulai dilakukan? |
1. Kepala Sekolah sebagai
penanggungjawab umum adalah kepala sekolah selaku top manajemen. 2. PKS
Kesiswaan sebagai penanggungjawab pelaksana pembiasaan penumbuhan karakter
bagi peserta didik. 3. Wali
kelas sebagai pengawas dalam kehadiran program pembiasaan dan pembimbing di
kelasnya masing-masing. 4. Guru
Mata Pelajaran sebagai sebagai contoh dan teladan. 5. Kegiatan perencanaan dilakukan
sebelum memasuki tahun pelajaran baru dan mengaplikasikannya pada tahun
pelajaran baru. |
Berikut ini disajikan dalam bentuk tabel mengenai catatan tentang identifikasi risiko yang dilakukan oleh sekolah dalam merencanakan dan mengelola program kegiatan pembiasaan yang dilaksanakan.
|
Kondisi saat ini |
Kondisi yang akan
datang |
Risiko |
||||
|
Strategis |
Keuangan |
Operasional |
Pemenuhan |
Reputasi |
||
|
Program Penguatan Pendidikan Karakter Melalui Pembiasaan
di Sekolah |
Merencanakan dan memadukan dalam kegiatan pembelajaran dan
Ekstrakurikuler |
Kolaborasi semua warga sekolah |
Bertambahnya
anggaran |
Pemenuhan kebutuhan anggaran dan jadwal kegiatan yang
diintegrasikan dalam setiap aktivitas dan program sekolah |
Alokasi anggaran dan keterlibatan semua warga sekolah |
Terciptanya sekolah yang berkarakter dan berbudaya serta
mampu menanamkan Profil Pelajar Pancasila dan Merdeka Belajar |

0 komentar